Masalah

resume khotbah Pdt. Sapta 13 Feb 2011 MPI 5
oleh Daniel Kaleb pada 13 Februari 2011 jam 21:31
Shalom. Apa kabarnya Saudara?

Yak 1:2-8.

Siapakah yang menulis surat ini? Yakobus adalah saudara Yesus. Dia adik Yesus. Yakobus awalnya tidak percaya Yesus. Tapi ketika Yesus bangkit maka ia percaya bahwa Yesus adalah Tuhan. Saudara lainnya adalah Yudas. Bukan Yudas Iskariot. Yudas ini Saudara Yesus. Yakobus adalah pemimpin jemaat di Yerusalem.

Kitab Yakobus itu kitab rangkuman dari ajaran Yesus di Mat 5-8. Kitab Yakobus itu kitab rangkuman kitab Amsal 1-5.

Masalah bisa datang sekonyong-konyong. Kitab Yakobus menjelaskan bahwa
- apa yang harus kita lakukan?
- air masuk ke dalam perahu/masalah yang datang sekonyong-konyong.
- Yesus tidur seolah-olah tidak ada tanggapan. Sepertinya Tuhan tidur.
Ketika respon kita salah, marah benci rasa bersalah cemas gerutu maka itu akan menghancurkan kita.

Iblis itu D (destroy).
Tuhan itu D (develop).

Apa tanggapan kita. Marahkah? Takutkah?

Yak 1:3.

Yakobus ajarkan anggaplah sebagai suatu kebahagiaan apabila kita jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan.

Dengan sengaja memperbaiki cara kita berpikir.

Pikiran negatif yang membuat cemas. Ubah pikiran Saudara. Bukan berarti menyangkali tapi Tuhan mau agar kita anggap sebagai suatu kebahagiaan. Contoh: anggap seolah-olah sudah punya rumah. Takut naik pesawat. Anggap Saudara sudah sampai akhirnya Saudara punya keberanian bahwa pasti naik pesawat itu selamat. Pokoknya enjoy.

Mungkin Saudara berpikir bahwa kuliah itu berat. Kalau lulus kuliah pasti bahagia. Ternyata setelah kuliah menganggur. Akhirnya bekerja. Orangtua bertanya:”nak, mana jodohmu?” Setelah menikah maka orangtua minta momongan. Setelah kita sudah punya anak malah kita harus membesarkan anak. Setelah menjadi opa oma maka ekstra

Tiap masalah akan buat kita makn dekat dengan Tuhan atau kita jadi turun. Tahun ini adalah tahun multiplikasi dan tahun promosi. Siap-siap untuk dapat multiplikasi dan siap-siap untuk promosi.

Yak 1:4.

Ada yang berkata:”setelah kami kena masalah maka kami makin rendah hati.”

Ada artikel: untuk masakan Jepang sangat nikmat bila disajikan dengan keadaan segar. Namun lebih nikmat di beri es. Maka ditempatkanlah ke dalam akuarium. Tapi beberapa lama kemudan didapati bahwa ada banyak salmon yang mati. Muncullah ide dari nelayan dimana mereka menaruh hiu kecil dalam akuarium. Ikan-ikan salmon itu berlari ketakutan dan mereka didapati nelayan ternyata ikan-ikan salmon itu bertahan hidup dan tidak ada yang mati.

Kita yang jahat saja kita tahu bagaimana memberikan yang baik kepada orang lain. Apalagi Bapa kita di Sorga.

Tuhan mengajarkan kita untuk kita:
1. Rejoice (bahagia).
2. Request (berdoa).
3. Rilex (santai).

Tuhan bisa membuat kita bahagia karena Tuhan punya tujuan untuk kita dan memberikan tujuan-Nya itu untuk kita.

Bagaimana bisa berbahagia?

Yak 1:5.

Wales Johnson pada usia 40 tahun ia dipecat dan ia merasa terpukul. Gajinya hanya pas-pasan. Waktu itu Amerika kena resesi uang. Lalu ia doa. Ia dapat ide ia jual rumah dan bawa sertifikatnya ke bank dan ia beli 2 ruko. Ia bangun motel. Ketika motel jadi maka ia buat losmen. Lalu ia buat menjadi hotel sampai menjadi besar. Saat ia diwawancara ia ditanya apa rahasia kesuksesannya? Ia menjawab bahwa rahasia keberhasilan saya adalah ketika saya dipecat. Dan orang yang paling berjasa dalam kesuksesan saya adalah bos yang pernah memecat saya. Awalnya saya tidak mengerti. Awalnya saya sakit hati. Tetapi setelah saya mengerti bahwa ini adalah kehendak Tuhan bagi saya barulah saya bersyukur kepada Tuhan untuk hidup saya.

Mungkin ada yang berpikir kok seolah-olah tekanannya berat.

Seperti Yusuf, ia diperlakukan tidak adil tapi Tuhan membuat lupa. Bahkan ia memberi kekuatan dan membuat ia menjadi penguasa bagi Mesir.

Pada waktunya Tuhan akan buat Saudara begitu indah.

Pada waktunya Tuhan akan buat segalanya indah. Tuhan tunjukkan dan ajarkan jalan-jalan-Mu. Karena aku percaya Engkau akan lakukan segala janji-Mu menurut waktu-Mu.

Jadi seperti Wales Johnson kita harus meminta. Dia bertanggung jawab atas hdup kita. Hidup kita t
idak ditentukan dari kritikan. Doa Saudara. Tuhan beri saya iman. Ini waktu untuk Saudara percaya. Ketika kita meneteskan air mata kita belajar dimana kita kehilangan sesuatu. Ketika kita kehilangan seseorang kita belajar menghargai orang lain. Berdoa. Bedoa.

Bla Saudara marah, benci, sakit hati. Berdoa datang pada Tuhan. Harus ada doa. Untuk menanggapi suatu masalah Saudara perlu doa. Bukan memendam perasaan. Salib Yesus menjadi jalan keluar bagi semua jawaban kita.

Yak 1:7&8.

Ketika Saudara berdoa maka karya Yesus cukup untuk segalanya. Darah Yesus cukup untuk Saudara. Ketika peluh darah Yesus tercurah di Getsemani artinya Yesus menyerahkan kehendak kita kepada Bapa.

Kita mau keadaan, orang lain nurut pada kita. Bahkan Tuhan pun harus menurut keadaan kita. Sehingga kita akan mendapat 2 ma:
- marah.
- maag.

Ibu-ibu yang cerewet adalah ibu yang panjang umurnya. Namun makin menderitalah suami. Jangan pendam di hati. Jangan terlalu menekan. Itu anarkis. Biasanya laki-laki perkasa dikantor tapi jadi pecundang dirumah.

Waktu kita minta pada Tuhan jangan bimbang. Jangan mengira orang yang bimbang akan menerima sesuatu dari Tuhan.

Sama ini mau sama itu mau makanya tidak dapat. Kerja ini diambil kerja itu diambil makanya tidak ada yang dapat. Digereja iya. Dirumah apaan?

Kalau kita mendua hati kita tidak dapat apa-apa. Sekarang ini iblis tidak akan menipu dengan cara lama. Yoga, Reiki, Tai Chi dan Chi lainnya bila itu diluar Tuhan maka maunya tidak bisa doa, tidak bisa menyembah. Iblis sudah ribuan tahun jadi iblis tentu pengalamannya lebih banyak untuk menipu kita.

Ada jemaat, pak Benny ikut suatu seminar yang memakai suatu teknik pernafasan dengan membayangkan ia sudah sukses. Tak berapa lama ia mendapat sakit. Ia berdoa dan ia muntah serta agak lega. Beberapa hari kemudian pak Benny mengalami penurunan fungsi jantung sampai 37%. Setelah diadakan doa pelepasan maka kini jantung pak Benny menjadi normal 100%. Seorang profesor terheran-heran menyaksikan kesembuhan ini.

Tuhan suka memberi. Memang ada kolekte tapi Tuhan tidak menuntut harus memberi atau tidak. Iblis mengambil dulu dengan harus bayar dimuka namun akhirnya akan membuat korban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>